Dinkes Kalteng Gelar Pertemuan Koordinasi Program Pengembangan SDMK Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah

Dinkes Kalteng Gelar Pertemuan Koordinasi Program Pengembangan SDMK Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah

Palangka Raya – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov Kalteng) menggelar Pertemuan Koordinasi Program Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di Hotel Neo Palangka Raya, Senin (29/4/2024). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov Kalteng Suyuti Syamsul.

Dalam sambutannya Kadis Kesehatan mengatakan bahwa Program dan kegiatan untuk memenuhi Sumber Daya Manusia Kesehatan telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan, baik pada tingkat kabupaten/kota maupun provinsi. Program dan kegiatan yang telah dilakukan hingga tahun 2024 ini masih belum memberikan hasil memuaskan dalam hal memenuhi tenaga kesehatan (nakes) di puskesmas.

“Dari 204 puskesmas di Kalimantan Tengah masih tersisa 8 puskesmas yang tidak ada dokternya, 138 puskesmas tidak memenuhi 9 jenis nakes, 100 puskesmas tanpa dokter gigi. Oleh karena itu kegiatan pertemuan koordinasi program SDMK tingkat provinsi ini diadakan untuk mensinergikan program-program yang ada di provinsi dengan kabupaten/kota, agar pemenuhan SDMK di Kalimantan Tengah dapat segera tercapai,” ujarnya.

Peserta Pertemuan Program Pengembangan SDMK

Dalam rangka memenuhi target rasio dokter dibanding penduduk di Indonesia, Kementerian Kesehataan juga telah mengeluarkan program afirmasi dokter umum. Hal-hal yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan implemantasi di lapangan perlu dipahami oleh dinas Kesehatan. Permasalahan yang mungkin timbul akibat program ini perlu diantisipasi lebih dini oleh dinas Kesehatan dan stake holder Kesehatan lainnya.

“Dengan program afirmasi dokter umum yang kuat maka upaya pemenuhan kebutuhan dokter umum di Kalimantan Tengah semoga lebih cepat tercapai,” ungkap kadiskes.

Terimakasih kami sampaikan kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD sekalimantan Tengah yang sudah mengelola program Sumber Daya Manusia Kesehatan dengan sebaik mungkin di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, Saya mengharapkan semoga antara Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota serta RSUD Se-Kalimantan Tengah bisa berkoordinasi dan bersinergi agar apa yang kita harapkan dapat terwujud.

Peserta Pertemuan Program Pengembangan SDMK Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih untuk Kementerian Kesehatan yang telah berkenan hadir dalam kegiatan ini. Saya juga berpesan kepada para Peserta Pertemuan untuk berkomitmen dan bertanggung jawab dengan sepenuh hati dalam mengikuti pertemuan ini dan agar nanti dalam melaksanakan tugas di tempat kerjanya masing-masing memiliki semangat dan optimis yang kuat untuk mencapai Kalimantan Tengah semakin “BERKAH”, tutupnya.

(Narasi/Foto : Gry, Redaktur : PPID Dinkes Kalteng)

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *