Berita Utama

Nusantara Sehat 2021

Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Periode April 2021 di Provinsi Kalimantan Tengah

| Senin, 05 April 2021 - 11:40:26 WIB | dibaca: 53 pembaca

Palangka Raya - Penguatan pelayanan kesehatan diselenggarakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, namun demikian belum semua masyarakat menikmati hasilnya secara merata, terutama bagi masyarakat di Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan (DTPK).

Masyarakat yang tinggal di daerah tersebut, umumnya mengalami kesulitan untuk mengakses pelayanan kesehatan primer yang berkualitas, dikarenakan kondisi geografi, topografi, transportasi, akses komunikasi, tingginya tingkat kemiskinan penduduk dan berbagai masalah sosial lainnya yang mereka hadapi, serta sumber daya kesehatan yang belum memadai terutama Sumber Daya Manusia Kesehatan yang belum memenuhi standar yang telah ditetapkan.

Acara yang dilangsungkan secara tatap muka ini dilaksanakan di Aula Lt 2 Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov.Kalteng) turut hadir dr. Nita Mardiah, MKM Kasubdit Peningkatan Mutu dan Kecukupan Gizi dari Dit Gizi Masyarakat Kemenkes RI, dr. Suyuti Syamsul, MPPM Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov.Kalteng), Zainuri, SH, M.Kes Sekretaris Dinas Kesehatan Prov.Kalteng dan Plt. Kabid Sumber Daya Kesehatan, dr. Fery Iriawan, MPH Kabid Kesehatan Masyarakat dan Sofia Wirda Antemas, SKM., M.Kes Kabid Pelayanan Kesehatan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov.Kalteng) dr. Suyuti Syamsul, MPPM mengatakan, Beberapa puskesmas di Provinsi Kalimantan Tengah saat ini masih kekurangan tenaga kesehatan misalnya dokter umum 20 Puskesmas, Dokter Gigi 129 Puskesmas, Kesehatan Masyarakat 40 Puskesmas, Kesehatan Lingkungan 64 Puskesmas, Farmasi 15 Puskesmas, Gizi 8 Puskesmas dan ATLM 39 Puskesmas.

Salah satu daerah yang menjadi sasaran penugasan khusus tenaga kesehatan dalam Program Nusantara Sehat yaitu Provinsi Kalimantan Tengah sebanyak 15 orang tenaga kesehatan yang terdiri dari Tenaga Dokter Umum 2 orang, Farmasi 3 orang, Kesehatan Lingkungan 3 orang, Gizi 6 orang, dan Ahli Teknologi Laboratorium Medik 1 orang yang tersebar di 3 kabupaten. Dengan rincian kabupaten Barito Utara 5 orang, Kabupaten Pulang Pisau 6 orang dan Kabupaten Katingan 4 orang, tambahnya. Senin, (5/4/2021).

Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan dilakukan guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dengan kriteria terpencil atau sangat terpencil terutama di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) agar dapat melakukan pelayanan kesehatan di Puskesmas sesuai kompetensi dan kewenangannya di Puskesmas.

Kami sampaikan rasa terima kasih pada Kementrian Kesehatan RI atas penempatan Peserta Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual di Provinsi Kalimantan Tengah. Kami berharap pada periode selanjutnya kami masih diberikan peserta Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual pada puskesmas-puskesmas lainnya yang SDMKnya belum memenuhi standar. dan kepada Pemerintah daerah Kabupaten, kami berharap adanya dukungan dan komitmen bagi keberlangsungan program Nusantara Sehat ini dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada tatanan Puskesmas, Tutupnya (Gery/Foto:PPID Dinkes Prov.Kalteng).










Komentar Via Website : 0