Berita Utama

Bidang Pelayanan Kesehatan

Pembinaan Rs Memenuhi Sarana Prasarana Dan Alat Spa Sesuai Standar Tahun Anggaran 2020

| Jumat, 28 Agustus 2020 - 15:09:46 WIB | dibaca: 49 pembaca

Tujuan pembangunan kesehatan adalah terselenggaranya pembangunan kesehatan secara berhasil-guna dan berdaya-guna dalam rangka mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. RS menjamin tersedianya fasilitas yang aman, berfungsi dan memberi dukungan baik bagi pasien, keluarga, staf dan pengunjung. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka fasilitas medik, fisik, peralatan kesehatan dan orang-orang harus dikelola secara efektif. Hal tersebut tercantum dalam Manajemen Fasilitas dan Keselamatan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Prov.Kalteng dr. Suyuti Syamsul, MPPM menambahkan, Rumah Sakit harus memenuhi persyaratan lokasi bangunan, prasarana, SDM, kefarmasian dan peralatan. Bangunan dan Prasarana di Rumah Sakit harus memenuhi persyaratan yang tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan nomor 24 Tahun 2016 tentang Persyaratan Teknis Bangunan dan Prasarana Rumah Sakit. Sedangkan untuk peralatan kesehatan harus memenuhi standar pelayanan, persyaratan mutu, keamanan dan laik pakai. Peralatan kesehatan harus diuji dan dikalibrasi  secara berkala oleh Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan dan/atau institusi penguji fasilitas kesehatan yang berwenang. Selain itu pengoperasian dan pemeliharaan peralatan kesehatan harus dilakukan oleh petugas yang berkompeten, (28/08).

Untuk mencapai semua itu maka manajemen RS dan pengelola teknis di daerah membutuhkan kegiatan seperti Pertemuan Teknis Pengelolalan Sarana, Prasarana dan Alat Kesehatan (SPA) guna mendukung pemenuhan standar dan Akreditasi melalui Dana Dekonsentrasi sebagai upaya pembinaan dan pengawasan Kementerian Kesehatan kepada RS di daerah sehingga pengelolaan SPA dapat dipahami dan diimplementasikan dalam setiap kegiatan  pemenuhan SPA.

Dalam pertemuan tersebut akan diberikan paparan dari Narasumber terkait dengan pengelolaan sarana, prasarana dan alat kesehatan.

Pertemuan teknis pengelolaan sarana, prasarana Dan alat kesehatan dalam rangka pemenuhan standar dan akreditasi rumah sakit  ini dilaksanakan untuk mengoptimalkan pemanfaatan data dan perencanaan sarana prasarana dan alat kesehatan di Rumah Sakit dengan tujuan untuk Meningkatkan Akses Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan yang Berkualitas bagi Masyarakat.

 

Sumber : Bidang Yankes Dinkes Prov.Kalteng










Komentar Via Website : 0