Berita Utama

Workshop

Pelaksanaan Tracer Covid-19 Bagi Babinkamtibmas Angkatan I Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021

| Kamis, 01 April 2021 - 16:32:02 WIB | dibaca: 50 pembaca

Palangka Raya - Situasi penyebaran COVID-19 saat ini terus meningkat dan sudah hampir menjangkau seluruh wilayah provinsi di Indonesia. Peningkatan dalam jumlah kasus ataupun jumlah kematian semakin meningkat sejak kasus awal terkonfirmasi. Hal ini tentu berdampak pada aspek politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, serta kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Pemerintah Indonesia telah menetapkan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Sebagai Bencana Nasional.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Prov.Kalteng dr.Suyuti Syamsul, MPPM mengatakan, Seiring dengan meningkatnya kasus secara signifikan dihampir seluruh wilayah Indonesia, upaya 3 M ( mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak) serta 3 T ( tracing, tes, treatment ) terus digalakkan. Upaya tracing dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran dengan melacak kontak erat dengan kasus terkonfirmasi. Upaya tracer sebagai percepatan penanganan covid 19 berbasis masyarakat dapat dilakukan oleh Babinsa dan Babinkamtibmas, ucapnya, Kamis, 1/4/2021.

Babinsa dan Babinkamtibmas sebagai salah satu figur yang dekat dengan masyarakat dan memiliki kemampuan untuk melakukan persuasi kepada masyarakat. dan sudah terbiasa berkontribusi membantu melakukan promosi kesehatan di lingkungan terdekatnya.

Babinsa, Babinkamtibmas, puskesmas dan masyarakat diharapkan mampu bersinergi untuk melakukan tracer sebagai upaya percepatan penanganan Covid 19. Sehubungan hal tersebut diperlukan peningkatan kapasitas Babinsa dan Babinkamtibmas dalam pelaksanaan tracer COVID19 tersebut dalam bentuk Workshop Tracer Covid 19.

Workshop Tracer COVID-19 bagi Babinsa dan Babinkamtibmas diselenggarakan oleh Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai tempat Penyelenggara Kediklatan   yang telah terakerditasi paripurna  sejak pada tahun 2019, Saya memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai penyelenggara, para Narasumber dan Fasilitator untuk melaksanakan Workshop ini semaksimal mungkin, sesuai dengan outcome yang diharapkan, tutupnya (Bapelkes/PPID Dinkes Prov.Kalteng).










Komentar Via Website : 0