Perlu Diketahui

Stunting

Focus Group Discussion Penurunan Angka Stunting Provinsi Kalimantan Tengah

| Rabu, 04 September 2019 - 08:46:48 WIB | dibaca: 123763 pembaca

Palangka Raya - Anak dibawah usia lima tahun (balita) sangat pendek dan pendek (Stunting) di Indonesia merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi sektor kesehatan. Adalah suatu kondisi gagal tumbuh pada anak di bawah dua tahun (baduta) yang disebabkan kurang gizi kronis dan terjadi sejak ibu mulai mengandung sampai dengan anak usia 2 tahun. Stunting mengakibatkan otak dan fisik seorang anak sulit berkembang, serta mempengaruhi kognitif, produktivitas, dan tingkat kesehatan lebih rendah.

Menurut WHO, Stunting akan menjadi malah kesehatan masyarakat pada suatu negara jika pravalensinya mencapai 20 % atau lebih. Pemerintah telah bertekad mempercepat penanggulangan sunting di Indonesia melalui berbagai program dan kegiatan. Upaya penanggulangan stunting di Indonesia memilik dasar hukum yang kuat yakni: (1) Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 42/2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi (Gernas PPG), dan; (2)  Peraturan Presiden Republik Indonesia No.2 tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJMN) 2015-2019. Target Penurunan Stunting menurut (RPJMD 2015-2019 adalah 28 % pada tahun 2019.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperoleh kesepakatan dari berbagai sektor tentang Desain Penurunan Stunting melalui Early Detection, Selasa (3//9).

 

Sumber : Bidang Kesmas


 










Komentar Via Website : 0