Berita Utama

Pertemuan

Implementasi SPGDT Melalui Call Center 119 dan PSC Kabupaten/Kota Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah

| Kamis, 19 Juli 2018 - 11:20:39 WIB | dibaca: 60 pembaca

Penduduk Indonesia yang berjumlah +230 juta jiwa tentunya menjadi permasalahan tersendiri, dapat menjamin tersedianya lapangan pekerjaan bagi usia produktif. Hal ini menyebabkan meningkatnya arus Tenaga Kerja Indonesia yang memanfaatkan peluang bekerja di Negara-negara lainnya mulai dari Negara Malaysia, Singapura, Hongkong bahkan sampai ke Arab Saudi. Pada kagiatan-kegiatan tersebut di atas, secara umum permasalahan kesehatan selalu menjadi bagian dari pelaksanaan kegiatan tersebut.

Umumnya pada kejadian bencana akan diikuti oleh jatuhnya korban baik yang sakit, maupun yang meninggal dunia, demikian juga pada kejadian pemulangan TKI paksa maupun pada Kejadian Luar Biasa (KLB) maupun wabah atau pandemi, maka diperlukan penanganan yang cepat, tepat dan akurat. Instalasi gawat darurat sebagai etalase rumah sakit mempunyai peranan penting dalam penyelenggaraan pelayanan rumah sakit, karena baik tidaknya pelayanan rumah sakit salah satunya tergantung dari response time dan mutu pelayanan yang diberikan di ruang instalasi gawat darurat. Pasien – pasien kegawatdaruratan membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat pada saat masuk ke IGD RS untuk itu diperlukan suatu system yang mendukung pelayanan ini sehingga dapat menjamin suatu penanganan kegawatdaruratan dengan response time yang cepat dan penanganan yang tepat.

Dalam hal ini Kementerian Kesehatan perlu melakukan upaya pengembangan SPGDT  melalui sosialisasi dan bimbingan teknis implementasi SPGDT di daerah. Pengembangan ini sampai kepada konsep Call center 119 dengan NCC (National Command Center) sebagai pusat pengendali di Kementerian dan PSC 119 yang berada di Kabupaten Kota  sebagai pelaksana  pre hospital pada kasus-kasus di lapangan. Pengembangan ini bahkan telah masuk dalam inovasi kreatif Kementerian Kesehatan yang telah diakui secara Nasional.

Di tahun 2015 melalui dekonsentrasi telah dilaksanakan sosialisasi SPGDT call center dan PSC 119 di Provinsi Kalimantan Tengah, sosialisasi yang dilakukan mencapai perkembangan di tahun 2016 dengan mulai berdirinya beberapa PSC 119 Dinkes Provinsi Kalteng, walaupun masih belum memasuki tahapan integarasi dengan NCC, tapi perkembangan yang ada mengarah kepada tren yang positif. Tumbuh bibit-bibit penyelengaraan pre hospital kegawatdaruratan di Kalimantan Tengah. Diantaranya telah terbentuk PSC 119 Kabupaten Kapuas dan PSC 119 Kabupaten Kotawaringin Timur. Upaya implementasi ini memerlukan pembimbingan dan pemicuan yang lebih lagi sehingga perlu diadakan kegiatan lanjutan untuk lebih meluaskan imlementasi SPGDT di Kalimantan Tengah. Secara Pribadi dan atas nama Institusi saya selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi menghargai dan mengucapkan terima kasih atas upaya yang telah dilakukan oleh Bapak /Ibu dalam upaya peningkatan akses kesehatan yang adil bagi masyarakat di Kalimantan Tengah.“tutur drg. Yayu Indriaty, Sp.KGA dalam sambutannya.

Pembentukan PSC, pengelolaan call center 119 dalam proses penyelenggaraan SPGDT ini memerlukan Koordinasi yang kuat dari semua unsur baik dari Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Rumah Sakit yang ada di Kalimantan Tengah, Penyedia Layanan Telekomunikasi dan pihak-pihak terkait lainnya.  Beruntung, melalui advokasi yang baik antara Kementerian Kesehatan dan Dinkes Provinsi Kalteng  terhadap Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, maka dikeluarkanlah Surat dari Sekeretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 045.2/422/DINKES tanggal 30 Mei 2018 yang ditujukan kepada Bupati/Walikota se Provinsi Kalimantan Tengah untuk menindaklanjuti himbauan pembentukan PSC 119 di Kabupaten /Kota masing-masing. Maka dengan dasar itu perlu dilakukan Pertemuan Implementasi SPGDT melalui Call Center 119 dan PSC Kabupaten/Kota Tingkat  Provinsi Kalimantan Tengah. Acara ini dilaksanakan di Neo Hotel Palangka Raya pada tanggal 16-18 Juli 2018 dengan di ikuti 60 peserta.

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)