Berita Utama

Pelatihan Tatalaksana Anak Gizi Buruk

Dinkes Selenggarakan Pelatihan Tatalaksana Anak Gizi Buruk

Zie | Senin, 11 April 2016 - 08:13:31 WIB | dibaca: 900 pembaca

Palangka Raya, 29 februari 2016. Gizi buruk masih merupakan masalah gizi utama, walaupun Pemerintah Indonesia telah berupaya menanggulanginya. Kenyataan dilapangan bahwa anak gizi buruk dengan gejala klinis seperti marasmus, kwashiokor dan kombinasi marasmic-kwashiokor umumnya disertai dengan penyakit infeksi seperti diare, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), tuberkolosis (TB), serta infeksi penyakit lainnya. Tindakan yang cepat dan tepat dalam merawat kasus gizi buruk di sarana pelayanan kesehatan sudah dilakukan dengan menyediakan ruang perawatan yang memadai dan sudah tersedia Tim Asuhan Gizi yang terdiri dari dokter, perawat dan petugas gizi dalam penanganan kasus gizi buruk di rumah sakit dan puskesmas perawatan yang sudah dilatih Tatalaksana Gizi Buruk.

 

Di Provinsi Kalimantan Tengah sudah dilatih tim tatalaksana gizi buruk yang bertugas di puskesmas perawatan dan rumah sakit, namun karena masih ada beberapa puskesmas yang belum dilatih dan ada juga petugas yang sudah dilatih kemudian berpindah tempat tugas sehingga perlu dilakukan Pelatihan Tatalaksana Anak Gizi buruk untuk 7 (tujuh) Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kalteng pada Tanggal 22 sampai 27 Februari 2016 di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Jl. Yos Sudarso No. 14 Palangka Raya. Jumlah peserta pada kegiatan ini sebanyak 21 orang yang berasal dari 7 (tujuh) Kabupaten, setiap Kabupaten mengirimkan 3 (tiga) orang peserta yang berasal dari 1 (satu) puskesmas perawatan sebagai tim tatalaksana gizi buruk yang terdiri dari : dokter, bidan/perawat dan petugas gizi. Adapun Kabupaten yang dimaksud adalah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kapuas, Kotawaringin Timur, Seruyan, Pulang Pisau, Gunung Mas dan Murung Raya. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini peserta mampu melaksanakan Tatalaksana Anak Gizi Buruk.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)