Berita Utama

Advokasi

Advokasi Pelaksanaan DAK Bidang Kesehatan Di Kabupaten Pulang Pisau Tahun 2018.

| Selasa, 18 September 2018 - 12:03:02 WIB | dibaca: 41 pembaca

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pada Pasal 298 ayat (7) menyebutkan belanja DAK diprioritaskan untuk mendanai kegiatan fisik dan dapat digunakan untuk kegiatan nonfisik. Tahun 2018 Pemerintah mengalokasikan anggaran DAK Bidang Kesehatan untuk Kalimantan Tengah total sebesar Rp.573.478.876.000,- (Lima Ratus Tujuh Puluh Tiga Miliar Empat Ratus Tujuh Puluh Delapan Juta Delapan Ratus Tujuh Puluh Enam Ribu rupiah). Terdiri dari DAK Fisik sebesar Rp.380.423.296.000,-, (tiga ratus delapan puluh miliar empat ratus dua puluh tiga juta dua ratus Sembilan puluh enam rupiah) dan DAK Nonfisik sebesar Rp.193.055.580.000,- (seratus Sembilan puluh tiga miliar lima puluh lima juta lima ratus delapan puluh ribu rupiah). Dengan meningkatnya anggaran DAK Bidang Kesehatan Tahun 2018 untuk kegiatan fisik dan nonfisik, diharapkan dapat mendukung pembangunan kesehatan di daerah yang sinergis dengan prioritas nasional.

Mempertimbangkan tanggungjawab pengelolaan DAK Bidang Kesehatan berada di tangan Bupati/Walikota yang secara teknis dilaksanakan oleh Kepala Dinas Kesehatan dan atau Direktur Rumah Sakit Daerah, maka Dinas Kesehatan Provinsi ingin melaksanakan kegiatan advokasi pelaksanaaan dana alokasi khusus (DAK) yang perlu dilakukan agar tujuan pembangunan kesehatan secara nasional dapat tercapai. Untuk itu, prinsip-prinsip tatakelola yang baik (good governance) yakni transparan, efektif, efisien, akuntabel dan tidak duplikasi dengan sumber pembiayaan lainnya harus menjadi perhatian dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh para pelaksana pembangunan kesehatan di daerah. Adapun maksud kegiatan ini adalah agar tercipta komitmen bersama dan sinergitas dalam percepatan kemampuan dan Peningkatan dalam pelaksanaan pembangunan di Daerah yang membuat Meningkatnya pemahaman mengenai kebijakan dana alokasi khusus (DAK) sebagai acuan dalam percepatan pelaksanaan DAK bidang kesehatan.

Sedangkan tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut :

1. Untuk mewujudkan advokasi yang bermutu dalam penyampaian informasi bidang kesehatan guna perbaikan kinerja di masa datang.

2.  Menyamakan persepsi arah kebijakan dan Sinkronisasi kegiatan dan Anggaran Bidang Kesehatan di Tahun 2018 & 2019;

3.  Melaksanakan refocusing kegiatan dan anggaran Bidang Kesehatan Tahun 2019 untuk di fokuskan pada program-program prioritas guna mengatasi dampak masalah kesehatan sehingga bisa menghasilkan Capaian dan hasil data kesehatan yang akurat ;

4.  Melakukan penajaman terhadap kegiatan dan anggaran Bidang Kesehatan Tahun 2019;

5. Memetakan permasalahan Bidang Kesehatan di masing-masing Kabupaten/Kota serta merumuskan pemecahan permasalahan tersebut

6.  Mendapatkan informasi dan arah kebijakan serta langkah-langkah kongkrit pemanfaatan perencanaan kegiatan Bidang Kesehatan Tahun 2019 serta mengevaluasi realisasi kegiatan DAK Bidang Kesehatan Tahun 2018 hingga memasuki triwulan IV.

Diharapkan hasil pertemuan ini menghasilkan saran dan masukan konstruktif terhadap pelaksanaan program dan kegiatan pada Bidang Kesehatan Tahun 2018 dan rencana Program dan kegiatan Bidang Kesehatan Tahun 2019 di  Provinsi dan kabupaten/kota yang selaras dengan RENSTRA Dinas Kesehatan dan RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah serta Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota.

Ada juga beberapa masalah yang perlu menjadi perhatian bersama yaitu sebagai berikut :

-   Masih adanya perbedaan capaian indikator LKPP , SPM , Data Profil Kesehatan antara pengelola data dan pengelola program baik ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

-    Pada Tahun 2017 Capaian Kinerja Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah urutan ke 30 dari 33 Provinsi , yang merupakan penyebabnya adalah adanya perbedaan data yang disampaikan dari pemerintah provinsi Kalimantan Tengah bidang kesehatan ada 8 indikator dari 8 indikator tersebut semuanya agregrasi Kabupaten/kota, sehingga datanya turun.

-  Mohon untuk jadi perhatian untuk 8 indikator ini agar antara pemprov dan Kab/kota tidak terjadi perbedaan , tim Kemendagri akan turun ke Kab/kota Sekitar bulan Agustus-September.

Acara Advokasi DAK Bidang Kesehatan dilaksanakan di Aula BAPPEDA Kabupaten Pulang Pisau acara dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Pulang Pisau, adapun pejabat ess III dan IV serta kepala puskesmas dan RSUD Pulang Pisau sedangkan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Bapak Zainuri, SH, M.Kes, Ibu dr. Endang Sri Lestari, M.Kes dari Bidang P2P, Bapak Isranor, S.Sos, MM, serta perwakilan dari Bidang Yankes (Jaka Dilaga) dan SDM (Fajar).










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)