Berita Utama

Perlu Diketahui

5 Manfaat Berlibur Bagi Kesehatan

| Rabu, 10 Januari 2018 - 08:01:35 WIB | dibaca: 190 pembaca

Sudah memasuki tahun yang baru, saatnya menata hidup menjadi lebih baik dengan berbagai resolusi. Resolusi tahun baru meski banyak dijadikan “guyonan” tapi kalau dicermati, resolusi sangat diperlukan sebagai motivasi agar Anda mendapat hidup yang lebih baik.


Misalnya memberikan target-target baru, entah dalam pekerjaan, kesehatan, maupun momen penting dalam hidup seperti menikah, kuliah, lulus, dan lain sebagainya.


Nah, di tahun yang baru ini sudahkah kamu menyusun rencana liburan di salah satu daftar resolusi?


Jika belum, sebaiknya rencanakan dari sekarang. Mengapa? Mendapatkan hidup yang lebih baik rupanya tidak hanya dipengaruhi kualitas pekerjaan, dan seberapa rutin kamu berolahraga, melainkan juga seberapa banyak kamu merencanakan liburan.


Tenang, liburan di sini nggak harus kamu bepergian jauh, mengeluarkan bujet besar. Liburan sesederhana menghirup udara pagi, menikmati pemandangan alam, bersepeda di taman saat pagi hari, melakukan yoga juga sudah merefresh pikiran kamu.


Mengapa berlibur itu penting untuk kualitas hidup, nah, berikut ini beberapa poin mengapa kamu butuh liburan.


1. Memelihara Kebugaran Tubuh
Melakukan rutinitas sepanjang minggu untuk bekerja tentu akan memunculkan kejenuhan dan kelelahan bagi tubuh. Cobalah luangkan waktu di akhir pekan untuk mengunjungi dataran tinggi atau tempat-tempat yang dikelilingi oleh spektrum warna hijau dari alam.


Niscaya, pikiran yang jenuh, kepenatan akan reda, dan kamu siap menjalani aktivitas di minggu berikutnya.


2. Memberi Tenaga dan Semangat Kerja Baru
Lupakan sejenak segala rutinitas dan aktivitas harianmu, nikmati waktu luangmu dan temukan hal-hal baru di tempat-tempat berlibur yang kamu kunjungi. Bebaskan diri semua tuntutan kewajiban dan biarkan tubuhmu rileks, dengan demikian kamu akan memiliki energi dan semangat yang baru saat kembali ke rutinitas dan tanggung jawab.


3. Memberikan Kualitas Istirahat Lebih Baik
Berlibur akan memberi kamu banyak waktu untuk beristirahat dan melakukan banyak hal menyenangkan. Kamu bisa datangi tempat-tempat yang jauh dari keramaian, seperti pegunungan, pantai atau perbukitan untuk mendapatkan suasana tenang dan nyaman. Tempat-tempat ini seperti ini akan memberi kamu ketenangan pada konsdisi kejiwaanmu, yang tentu saja akan membuat kualitas istirahat dan tidur mu lebih baik.


4. Hidup yang Lebih Bahagia
Berbagai penelitian mengungkapkan dampak positif dari kegiatan berlibur, salah satunya adalah jurnal Psychsomatic Medicine pada tahun 2009 yang mengatakan bahwa liburan dan kegiatan santai lainnya mengarah ke pandangan yang lebih positif dan mengurangi risiko depresi. Hal ini tentu saja sangat beralasan, mengingat banyaknya manfaat positif yang didapatkan dari berlibur.


5. Awet muda
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Global Commission on Aging and Transamerica Center di Amerika Serikat mengatakan bahwa, liburan dapat membuat kamu awet muda. Salah satu hal yang menjadi pendukung pernyataan ini adalah karena pada dasarnya liburan akan membuat kita rileks dan merasa bahagia, tentu saja kedua hal inilah yang akan membuat kamu terhindar dari masalah penuaan dini.

 

Sumber : http://promkes.depkes.go.id/










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)